Kendal 12 September 2024, Cabang Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Tengah Wilayah IV melaksanakan kegiatan Temu Fungsi Penyuluh Kehutanan dan Pengendali Ekosistem Hutan pada hari Selasa, 10 September 2024 di Wana Wisata Tledog Asri, Desa Kabunan, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Kendal. Adapun kegiatan temu fungsi kali ini mengusung tema “Strategi Pemasaran Usaha Kelompok Melalui Digital Marketing”. Kegiatan ini diikuti sebanyak 23 orang Penyuluh Kehutanan, 5 orang Pengendali Ekosistem Hutan.
Dewasa ini, digital marketing menjadi metode pemasaran yang banyak diterapkan para pelaku usaha. Digital marketing/pemasaran digital merupakan proses pemasaran dan promosi produk maupun jasa yang dilakukan melalui media digital dan membutuhkan jaringan internet dalam kegiatannya. Digital marketing adalah salah satu model pemasaran yang efektif dan efisien di era yang serba digital ini. Salah satu cara pemasaran produk/jasa melalui digital marketing yang paling mudah dilaksanakan adalah melalui Whatsapp Business. Beberapa manfaat pemasaran digital melalui whatsapp business antara lain:
- Memiliki Tingkat keterbukaan tinggi,
- Dapat berkomunikasi langsung antara pelaku usaha dan konsumen,
- Hemat biaya, karena aplikasinya gratis
- Jangkauan luas, dapat menjangkau pengguna di seluruh dunia
Materi tersebut diatas disampaikan oleh narasumber yaitu Dody Kusniyato seorang CEO & Founder 9Ratulebah. Beliau telah menerapkan pemasaran digital untuk usaha ternak lebah madunya yang diberi merk dagang 9Ratulebah. Pemasaran digital yang dilakukannya tidak hanya melalui whatsapp business saja melainkan di media social seperti Tiktok, Instagram, Facebook dan e-commerse seperti Shopee. Berkat kegigihannya dalam memasarkan produk dan jasa melalui digital marketing, produknya telah dikenal seluruh Indonesia dan beliau juga sering menjadi narasumber pelatihan beternak lebah madu.
Pada kegiatan temu fungsi ini, hadir juga Bapak Gunawan, S.Hut., M.Eng, Kepala Cabang Dinas Kehutanan Wilayah IV Provinsi Jawa Tengah, beliau sangat antusias dan menyampaikan harapannya agar penyuluh kehutanan dan pengendali ekosistem hutan yang telah mendapatkan pengetahuan digital marketing ini, mampu meneruskan informasi dan membagikan pengetahuan yang diperoleh kepada Kelompok Tani Hutan (KTH) binaannya untuk dapat mengoptimalkan digital marketing serta bagaimana cara melaksanakan pemasaran digital.
Cabang Dinas Kehutanan Wilayah IV Provinsi Jawa Tengah memiliki sebanyak kurang lebih 341 KTH binaan yang tersebar di 3 Kabupaten/Kota, dengan berbagai jenis usaha yang dikerjakan. Tentunya dengan adanya digital marketing diharapkan mampu mengoptimalkan pemasaran dan penjualan produk, sehingga mampu meningkatkan nilai ekonomi dari usaha yang dijalankan oleh KTH.